Mungkin anda pernah membaca trik yang serupa dengan ini, tetapi jangan takut akan membuang waktu anda untuk artikel berikut ini karena bagi anda pengguna Windows XP, trik berikut ini patut anda coba. 

    

Cara yang umumnya dilakukan untuk melakukan trik ini adalah menggunakan program hex editor, pertama buka file explorer.exe dengan hex editor, berikutnya cari string "start" lalu ganti sesuai keiinginan, lalu simpan file explorer.exe yang sudah dimodifikasi ini dengan nama lain. Kemudian reboot komputer untuk masuk ke modus DOS, lalu ganti file explorer.exe yang asli dengan hasil modifikasi. Metode ini sedikit menyulitkan, terutama bagi anda yang awam dengan perintah-perintah DOS, lagi pula dengan metode ini tulisan pada tombol start hasil modifikasi tidak boleh lebih dari 5 karakter, tidak bisa seperti kedua gambar diatas.

Baiklah kita sekarang menggunakan metode baru yang lebih mudah. Sebelumnya anda harus memiliki program Resource Hacker, program ini berguna untuk memodifikasi resource dalam sebuah file program yang sudah di-compile, coba anda cari di alamat berikut http://angusj.com/resourcehacker/. Dengan program Resource Hacker kita tidak akan kesulitan mencari string yang berisi tulisan "Start" di dalam file explorer.exe.


Setelah anda memiliki copy program tersebut, jalankan dan bukalah file explorer.exe, file ini berada di dalam direktori C:\Windows.

Ketika file explorer.exe sudah terbuka di Resource Hacker, pada jendela sebelah kiri anda akan melihat sekumpulan folder. Bukalah folder bernama String Table (caranya, klik tanda + yang ada di depan folder itu). Lalu cari dan buka folder yang bernama 37. 

Di dalam folder 37 ini terdapat string resources (1033), pada string resources inilah terdapat tulisan "start" yang tampil pada tombol Start di taskbar.

Silahkan ganti teks "start" pada string resources, misalnya dengan "Start Me Up", pastikan bahwa kata-kata yang anda ketikkan terletak diantara tanda petik. Setelah itu klik tombol "Compile Script" untuk mengkompilasi kembali program explorer.exe.

 

Setelah di-compile simpanlah file explorer.exe hasil modifikasi ini di tempat yang sama (di direktori C:\Windows) tetapi dengan nama yang berbeda, misalnya explorerMod.exe.

Kita masuk ke tahap berikutnya, kita akan memberitahu Windows agar menggunakan file explorer.exe hasil modifikasi (explorerMod.exe) pada proses boot untuk seterusnya. Caranya tidak sulit dan repot seperti metode-metode yang lama, kita cukup melakukannya dengan mengubah setting registry.

Jalankan Registry Editor (regedit.exe), klik menu Start | Run ketik regedit. Lalu masuk ke cabang registry:
HKEY_LOCAL_MACHINE\Software\Microsoft\Windows NT\CurrentVersion\Winlogon

 

Di dalam Winlogon folder carilah string value Shell -- bila tidak ada buatlah yang baru, caranya klik menu Edit | New | String Value -- lalu klik kanan dan pilih Modify, lalu ketikkan nama file explorer.exe hasil modifikasi, contoh yang kita gunakan disini adalah explorerMod.exe, setelah selesai klik OK untuk menyimpan perubahan yang sudah kita buat. Dengan langkah ini kita memberitahu Windows agar seterusnya menggunakan file explorerMod.exe sebagai shell-nya, bila dikemudian hari anda ingin kembali ke semula anda tinggal mengganti setting registry ini.

Selesai, sekarang re-start komputer anda untuk melihat hasilnya.

0 komentar: