Tutorial Sharing Koneksi Internet Laptop dengan WiFi

Sudah tahu pasti koneksi internet dengan TELKOMSEL sangat mahal. Bayangkan saja cuma buat maen aplikasi Facebook for Nokia, belum sejam kena Rp. 17.000,- :( coba kalau bisa memanfaatkan fitur Laptop DELL Inspiron-ku pasti ngga akan semahal ini. Abang yang di Medan pake simpati, Mba yang di Kebumen juga pake simpati. Sementara aku sendiri di Bekasi pake XL, walhasil biaya telpon mahal. Jadi, diputuskan untuk ganti kartu saja. Now, I am using simpati.

Sambil chatting sama Mas Wulida, dia ngasih saran kenapa tidak manfaatkan yang sudah ada? Bener-bener baru kepikiran untuk sharing koneksi 3.5G IM2 dengan HP Nokia 5800 via jaringan WiFi. Kemudian coba-coba atur konektifitas, dan berikut tutorialnya. Cara ini juga bisa digunakan untuk sharing internet antar laptop, bisa lebih dari dua laptop bisa terhubung. Sebagai demo saya gunakan Laptop DELL Inspiron dengan Nokia 5800 Express Music.

Langkah pertama, dalam laptop yang hendak dipakai untuk melakukan koneksi internet, kita buka Control Panel, lalu pilih View by: Large icons, kemudian scroll down sampai kita menemukan icon Network and Sharing Center, seperti terlihat dalam gambar berikut ini:

Kemudian, klik pada menu Manage wireless networks (lihat gambar di bawah ini)

Akan tampil sebuah screen yang menampilkan semua wireless connection yang selama ini sudah kita konfigurasi. Jika belum melakukan konfigurasi apa pun berarti akan kosong (lihat gambar di bawah ini)

Lalu, klik pada button Add untuk menambahkan atau membuat koneksi baru. Screen berikut ini akan ditampilkan setelah kita klik tombol Add.

Kemudian pilih option kedua: Create an ad hoc network . Setelah itu kita akan mengikuti wizard Manually connect to a wireless network. Langkah yang penting dalam wizard tersebut terlihat dalam gambar berikut ini.

Dalam screen tersebut kita memberi nama network kita, dalam demo ini saya beri nama My Home Wireless. Kemudian kita ubah Security Type ke WEP untuk memudahkan pemilihan Security Key, yang dalam gambar di atas saya isi dengan 12345. Security Key ini nantinya harus diketahui oleh komputer yang akan melakukan koneksi ke My Home Wireless. Langkah berikutnya kita akan dikasih kesempatan untuk meng-klik tombol Turn on internet connection sharing. Dengan meng-klik tombol tersebut berarti koneksi dial-up/internet yang terdapat dalam laptop kita akan di sharing dan bisa dipakai oleh komputer-komputer lain yang terhubung ke My Home Wireless.

Melakukan koneksi ke ad hoc network dari HP Nokia 5800 XpressMusicsangat mudah, hanya perlu beberapa langkah, dan tidak membutuhkan keahlian maupun pengetahuan yang njlimet tentang jaringan. Bahkan ibu-ibu pun bisa melakukannya. Hmmm, hal ini tentu saja seiring dengan filosofi HP-HP Nokia yang sangat mengedepankan kemudahan penggunaan. Namun saya juga yakin kemudahan ini juga bisa dijumpai dalam smartphone yang lain.

Klik pada My Home Wireless untuk mulai melakukan koneksi ke jaringan tersebut. Kita akan ditanya key WEP untuk bisa connect ke jaringan tersebut, karena My Home Wireless menggunakan metode WEP ini untuk bisa melakukan koneksi ke jaringan. Key WEP tersebut kita tentukan pada waktu kita membuat jaringan ad hoc.

Setelah key WEP diterima, koneksi pun akan langsung tersambung. Untuk mengujinya saya membuka aplikasi Facebook Mobile for Nokia 5800 XpressMusic seperti terlihat dalam gambar berikut ini. Pada saat membuka aplikasi Facebook Mobile tersebut kita mesti spesifikasikan koneksinya agar menggunakan My Home Wireless. Dua gambar berikut ini adalah tampilanFacebook Mobile dalam Nokia 5800 XpressMusic.

Nah, mudah bukan? Tentu saja kita bisa searching, browsing, chating, mengirim, dan menerima email menggunakan koneksi jaringan ad hoc ini. Pokoknya tidak ada bedanya dengan jaringan wifi yang lainnya. OK, semoga tips ini berguna buat Anda terutama apabila di rumah Anda mempunyai banyak gadget yang bisa di-setup menggunakan koneksi jaringan dengan wifi ke ad hoc network ini.

Gambar diambil dari: NetIndonesia.Net
Special Thanks to: Agus Suharto

0 komentar: