10 langkah menjadi bloger sejatiArtikel ini untuk bloger pemula atau pembaca yang berminat untuk menjadi bloger (mau menulis di blog), sedangkan bloger yang sudah senior dilarang baca. Saya menuliskan 10 langkah untuk menjadi bloger sejati. Ingin tahu apa itu?

Ini dia 10 langkah menjadi bloger sejati:

  1. Tulis sebuah artikel yang merupakan hasil karya Anda sendiri (bukan copy-paste).
  2. Tulis lagi sebuah artikel.
  3. Tulis satu lagi.
  4. Tambah lagi sebuah artikel.
  5. Tambah lagi blog Anda dengan sebuah artikel asli.
  6. Tulis satu lagi artikel baru.
  7. Tulis satu lagi.
  8. Jangan berhenti menulis, tambah 1 artikel lagi.
  9. Tambah satu artikel lagi jangan takut salah.
  10. Kembali ke langkah 1.

So what?

Intinya, untuk bisa menjadi bloger sejati, kita harus menulis dan menulis. Lepaskan semua belenggu, apa saja yang ada dipikiran kita, tulis saja. Selama Anda tidak merugikan orang lain dengan tulisan Anda, silakan tulis. Blog adalah situs pribadi yang isinya bebas mau diisi apa saja oleh pemiliknya. Bagaimana cara mencari ide?

Ide-ide buat materi blog

“Ulasan berita”

Anda bisa membuka sebuah koran online (misalnya http://kompas.co.id) kemudian baca berita yang Anda sukai, kemudian ambil 1 atau dua kalimat inti berita tersebut dan masukkan ke dalam blog Anda. Kemudian ulaslah berita itu dari sudut pandang dan pengetahuan Anda. Yang bisa diulas misalnya perkembangan teknologi, perekonomian dunia saat ini, dan sebagainya.

“Tutorial”

Kita tentu sudah mendapatkan ilmu dari sekolah, kuliah, atau pun belajar otodidak. Ilmu tersebut belum tentu orang lain mengetahuinya kan? Dalam blog kita bisa menguraikan sesuatu yang kita ketahui tersebut menjadi penjelasan yang mudah dimengerti pembacanya. Selain kita bagi-bagi ilmu, kita juga bisa tahu pendapat orang lain mengenai pengetahuan atau ilmu kita tersebut.

“Pengalaman pribadi”

Bukan cuma curhat, tetapi tulis pengalaman pribadi Anda yang kira-kira dapat diambil hikmah oleh pembacanya. Kita sudah hidup bertahun-tahun kan? Pasti ada sesuatu yang pernah terjadi pada diri kita dan mungkin dapat diambil pelajaran oleh orang lain yang membaca artikel kita.

“Humor”

Jika Anda sering membuat orang lain tertawa dengan kelucuan-kelucuan Anda, Anda pun bisa menuliskannya di blog. Sebuah paragraf singkat sudah cukup untuk membuat cerita lucu hasil karya Anda. Atau juga bisa berupa gambar atau komik lucu. Blog jenis ini pembacanya sangat luas dan membuat pengunjungnya ketagihan.

“Pelajaran Kuliah/Sekolah”

Anda bisa menulis materi pelajaran kuliah atau sekolah ke dalam blog Anda. Di satu sisi Anda belajar, di sisi lain Anda akan menemukan pertanyaan-pertanyaan dari pembaca yang merangsang Anda untuk semakin mendalami ilmu tersebut. Misalnya saat kuliah atau kursus diajarkan tentang “jaringan komputer”, kenapa tidak menulis tentang “jaringan komputer” di blog Anda? Mudah bukan? Karena materi sudah komplit, tinggal menulis. Bahkan, jika dilakukan dengan serius, blog Anda akan menjadi sebuah universitas maya yang akan menjadi rujukan banyak orang.

“Topik-topik lain”

Masih banyak topik-topik lain yang bisa dijadikan materi blog, ini saya serahkan kepada kreativitas Anda. Selamat menulis!

Link ke artikel ini: 10 Langkah menjadi bloger sejati

Kembali ke: home