Tips SEO (Search Engine Optimization)

gambar tips SEO Jika Anda menginginkan website Anda berada pada urutan tertinggi di Google, Yahoo, atau search engine yang lain, maka Anda perlu menjalankan teknik SEO (Search Engine Optimization). Dengan menerapkan teknik SEO ini, blog atau website Anda bukan hanya berada pada urutan tertinggi di search engine, tapi blog Anda juga akan memiliki banyak pengunjung.

Coba masukkan kata kunci “click here” pada google, situs apa yang muncul? Download Acrobat Reader? Mengapa? Padahal di halaman tersebut tidak ada satupun tulisan “click here”. Kenapa bisa begitu?

Teknik SEO ada dua jenis, yaitu ON PAGE dan OFF PAGE.

Teknik SEO ON PAGE, berarti membuat halaman website kita sebagus mungkin di mata search engine. Yaitu dengan cara memilih judul yang tepat, keyword yang cukup tetapi tidak berlebihan, menambah link pada kata kunci, bold, italic, dan sebagainya. Berikut ini tips teknik ON PAGE:

  1. Fokus pada keyword Anda, pikirkanlah sejenak kira-kira orang akan memasukkan kata kunci apa di Google atau Yahoo yang tepat untuk website Anda.
  2. Gunakan judul berisi keyword.
  3. Gunakan keyword 5 - 10 kali dalam isi tulisan Anda.
  4. Gunakan ALT (untuk link dan image) berisi keyword Anda.
  5. Gunakan BOLD dan ITALIC pada keyword Anda.
  6. Gunakan link pada keyword Anda.

Teknik SEO OFF PAGE, adalah dengan cara membangun link sebanyak mungkin ke arah blog kita. Anda bisa ikut pertukaran link dengan teman, atau memasang link pada halaman friendster, comment, buku tamu dan sebagainya. Semakin banyak link yang mengarah ke website kita, maka PAGERANK kita akan semakin tinggi. Semakin tinggi PAGERANK berarti semakin besar kemungkinan website kita berada di urutan tertinggi search engine.

Anda juga harus memperhatikan Anchor Text pada saat membuat link ke arah website Anda. Kenapa website Adobe berada pada peringkat tertinggi di google untuk kata kunci “click here” itu, karena banyak sekali website yang terdapat link ke arah halaman itu dengan kata: Download Adobe Reader, click here. Kata “click here” tersebut yang disebut Anchor text karena berupa link. Usahakan link yang mengarah ke website Anda sesuai dengan keyword yang menjadi sasaran Anda.

Berikut ini adalah hal-hal yang dilarang pada SEO (blackhat SEO), jika Anda menjalankan larangan ini, maka website Anda akan di-blacklist search engine (tidak diindex):

  1. Membuat doorway, yaitu halaman khusus buat search engine yang tidak berguna bagi pengunjung situs Anda.
  2. Memasang link di website Anda yang termasuk kategori “bad neighborhood”, yaitu situ-situs yang sudah di-blacklist (termasuk link farm).
  3. Mengikuti program paid link.
  4. Membangun link dalam jumlah yang sangat besar dalam waktu singkat.
  5. Isinya sama persis dengan website lain.

Search engine saat ini sudah semakin pintar, buatlah website atau blog Anda berbobot dan berguna bagi pengunjung, maka website Anda akan banyak dikunjungi orang dari seluruh dunia.

Selamat mencoba.

Tulisan terkait:

Cara Membuat Blog / Website yang Disukai Google & Yahoo

Keyword / topik apa yang paling banyak dicari orang?

Cara cepat website / blog Anda terindeks Search Engine

Home

0 komentar: