Mendinginkan Amarah

Berikut ini 5 tahap jitu untuk mengatasi kemarahan sehingga Anda yang tadinya berapi-api berubah menjadi sedingin mentimun!

  1. ATUR NAPAS
    Saat emosi sedang terbakar dan ubun-ubun terasa panas karena menahan marah, Anda tidak dapat berpikir bijak dan jernih. Menarik napas panjang dan dengan cara benar pada saat ini akan sulit. Meski begitu, Anda masih tetap dapat menggunakan napas sebagai teknik menenangkan diri. Seperti kata ahli, jika masih ada satu akal sehat dalam pikiran, biarkan hal itu berjalan. Yaitu, konsentrasikan diri pada pernapasan. Cukup konsentrasikan sejenak pikiran dan atur napas sehingga menjadi lebih lambat dari yang sebelumnya saat emosi sedang mencapai puncaknya. Nah, di saat inilah Anda sesaat bisa melupakan kemarahan dan cara napas pun jadi perlahan. Otomatis pula, tingkat kemarahan Anda akan berkurang 1-2 derajat.
  2. PERGI
    Jika memungkinkan, ganti suasana, cari tempat yang tenang yang lain di mana Anda bisa melupakan semua masalah sehingga dapat pula melupakan kemarahan yang ada. Tempat dan suasana dapat mengubah kemarahan tanpa Anda harus bicara atau bertindak sesuatu. Tidak bakal ada teriakan, hujatan, atau benda-benda yang melayang karena pergantian suasana dan tempat dapat dengan mudah pula mengalihkan pikiran dan emosi.
  3. TERTAWA
    Sebagai ganti rasa frustrasi, tertawalah. Ini akan membawa efek positif pada rasa marah dan situasi pada saat itu secara umum. Menurut para ahli, salah satu untuk memecahkan 101 masalah stres adalah dengan tertawa. Tertawa menetralisir kemarahan, mengubah pandangan, dan membantu mengatasi masalah yang ada. Jika banyak tertawa, stres dengan sendirinya akan berkurang.
  4. MAKAN MANIS-MANIS
    Makan yang manis-manis. Ambil sebungkus cokelat dan segera makan. Gula akan memberi efek yang cepat untuk menenangkan emosi. Hal ini sebenarnya lebih ke faktor kejiwaan dibanding ilmiah. Namun, biar bagaimanapun, ada gunanya. Jika Anda tak mau makan cokelat karena takut kelebihan kalori, dapat diganti dengan makan buah-buahan atau minum jus stroberi atau minum jus. Yang penting, ada suatu bentuk pengalihan yang dapat menenangkan jiwa.
  5. TENANGKAN SARAF
    Saat menikmati gula atau sesuatu yang manis, siapkan teh yang dapat menenangkan saraf Anda. Teh dengan aroma bunga-bungaan terbukti dapat mengurangi stres, seperti teh kamomil.

Sumber : Kompas.com

0 komentar: