SMADAV 3.7 Pembasmi Virus Lokal

SMADAV 3.7 - Anti Virus Lokal yang GRATIS!

SmadAV memiliki 3 fitur manual (memerlukan bantuan pengguna) yang dikhususkan untuk membasmi dan membersihkan virus lokal. Fitur-fitur tersebut yaitu :

1 Virus By User

Process Manager

System Editor

1 Virus By User

Fitur inilah yang menjadi andalan SmadAV, Anda dapat menambahkan 1 virus ke database SmadAV. Penambahan ini tidak bersifat permanen, tambahan 1 virus tersebut hanya akan ada di database selama SmadAV belum di-close/exit. Jika SmadAV sudah di-close/exit maka tambahan database 1 virus tersebut akan hilang.

Fitur ini dapat digunakan dalam keadaan darurat, pada saat komputer Anda sedang terinfeksi virus yang belum dikenali baik oleh database internal SmadAV maupun antivirus lainnya. Di daftar “suspected path(s)” terdapat beberapa file yang dicurigai sebagai virus. Dari daftar tersebut, Anda dapat memilah virus yang akan ditambahkan ke database SmadAV dengan melihat Risk-level-nya masing-masing

Jika anda mengklik kanan pada daftar “Suspected Path” , akan ada beberapa pilihan :

Add as virus, menambahkan 1 file sebagai “1 virus by user”
Refresh, mendeteksi ulang file-file yang dicurigai
Explore, menuju folder dari file
Properties, menampilkan file properties

Jika Anda ingin menambahkan file yang lain (selain yang ada di daftar “suspected path”), klik other dan pilih 1 file yang Anda curigai sebagai virus. Dan jika Anda ingin mengeset ulang atau menghapus database 1 file yang sudah Anda masukkan ke “1 virus by user”, Anda bisa mengklik reset.
Process Manager

Fitur ini mempunyai fungsi yang sama dengan Task Manager, salah satu tools Windows. Namun, fitur ini mempunyai beberapa kelebihan yang memang khusus dibuat untuk melawan virus lokal. Berikut ini penjelasan fitur-fitur (klik-kanan) yang ada dalam process manager :

* Action
Anda terlebih dahulu harus menceklis beberapa proses sebelum melakukan Action. Action : Kill untuk mematikan prosess, Restart untuk menghidupkan ulang proses, Suspend untuk membekukan proses, Resume untuk meneruskan proses yang di-suspend.

* Select
untuk melakukan ceklis pada kategori : Tree untuk menceklis anak-anak proses, User Process untuk menceklis proses user (bukan proses sistem), VB Process untuk menceklis program yang dibuat menggunakan Visual Basic.

* Deselect All
menghilangkan ceklis pada semua proses

* Shutdown
Anda bisa memilih mode shutdown seperti log off, turn off, restart, stand by, atau switch user.

* Conceal Windows
fitur ini digunakan untuk mengkamuflase semua judul window yang aktif agar tidak bisa dibaca oleh virus (virus lokal biasanya membaca judul window untuk mendeteksi antivirus atau aplikasi pembersih virus lainnya)

* Process Tree
menampilkan proses dalam tampilan tree : parent & child.

* Create Process
mengeksekusi sebuah program

* Explore
menuju folder dari file proses

* Google
mencari tahu informasi tentang file proses di google

Process Information
informasi detail tentang suatu proses seperti Versi File, Modul Proses, Pemakaian memori, dan banyak lainnya.
System Editor
Berisi daftar setting sistem yang biasanya diubah oleh virus lokal, Anda dapat memperbaiki setting sistem Anda secara manual disini. Setelah mengubah setting yang ada di System Editor, Anda dapat melihat hasilnya dengan mengklik Apply {Restart explorer.exe}.

0 komentar: