Google Translate - Menerjemah Bahasa Inggris ke Bahasa Indonesia

Google Translate

Apakah anda merasa terjebak disaat menemukan buku kesayangan anda yang dicetak dalam bahasa Inggris? Pernahkah anda mengalami kesulitan menerjemahkan buku yang ingin sekali anda kuasai? Atau anda seringkali mengunjungi situs di Internet yang semuanya berbahasa “planet” dan anda tidak mengerti apapun karena kesulitan bahasa? Jika iya, anda tidak perlu cemas. Kini Google Translate hadir untuk meringankan beban anda.

Google punya alat/tool penerjemah bahasa. Tidak seperti Yahoo Babel Fish, Google Translate punya opsi menerjemahkan bhs Inggris ke bhs Indonesia. Google Translate bisa menerjemahkan seluruh isi buku / seluruh isi situs dari bahasa asing ke bahasa Indonesia. Beda dengan Transtool atau Kamus.3.0, Google Translate bisa menampung 1 buku full teks bhs Inggris ke bhs Indonesia (Transtool / Kamus / aplikasi lainnya cuma bisa translate beberapa kata/paragraf, dan tidak bisa nerjemahin seluruh isi buku eBook).

Nah…what does it mean to you? Apa untungnya buat anda?

Well…misalnya saudara punya buku digital/ebook yg berjudul “Get to the Top on Google: Ultimate Search Engine Optimization” dan saudara iiiingggiiiiiiin banget banget mengerti semua isi ebook itu yg berbahasa Inggris, dan anda menghayal seandainnya ada yg bisa nerjemahin seluruh isi buku ini ke dalam bhs Indonesia. Jangan patah semangat! Gunakan Google Translate…copy - paste isi ebook itu ke dalam Google Translate http://translate.google.com dan pilih bahasa translasi dari English to Indonesia dan klik Translate! maka hasilnya akan seperti dibawah ini.

Google Translate - Penerjemah Inggris Indonesia dan banyak lagi

Google Translate - Penerjemah Inggris Indonesia dan banyak lagi

Tapi, tapi…bagaimana merubah digital buku/ebook PDF ke dalam teks seperti Word atau Notepad?

Nah! untuk yg satu ini, anda perlu download aplikasi kecil bernama A-PDF Text Extractor di http://www.a-pdf.com yg tujuannya mengambil teks teks di dalam digital buku/ebook sehingga nanti menghasilkan Notepad berformat .txt

a-pdf text extractor

a-pdf text extractor

Setelah konversasi ebook PDF ke Text (notepad), anda tinggal copy paste semua teks nya dan cemplungkan ke Google Translate, pilih bahasa konversi dari English ke Indonesia dan klik Translate. Voila!

Iya memang juga namanya tool penerjemah bahasa tidak sesempurna manusia menerjemahkannya untukmu, tapi setidaknya anda bisa mengerti dari kalimat yg sudah diterjemahkannya. Dan jika anda agak bingung karena bhs Indonesia agak “ngawur”, tinggal baca yg Englishnya aja tepat bersampingan. Dan terakhir…hey! ini gratis bro!

0 komentar: