MS Windows telah menyediakan Windows Explorer untuk membaca pemetaan paritisi, file dan folder dalam Operating Sistemnya. Namun ada beberapa kelemahan di dalam Windows Explorer, salah satunya adalah terlalu repotnya untuk mengcopy file dari satu folder/drive ke folder/drive lainnya. Dengan tampilan dua jendela dan sebuah tampilan bercabang (tree view) akan memudahkan perkerjaan anda yang sering mengkopi file.

Keuntungan lainya adalah bentuknya yang mirip Windows Explorer mempercepat anda beradaptasi dengan explorer ini. Yang paling menakjubkan 2xExplorer berjalan lebih ringan dibandingkan Windows Explorer. Mungkin untuk Pentium 4 dan sejenisnya tidak terlalu signifikan kecepatannya, namun untuk Pentium – pentium kelas bawah kadang sering saya jumpai terlalu lambatnya Windows Explorer untuk browsing file.
Keuntungannya lagi yang bisa membuat anda tersenyum adalah software ini freeware atau tidak dipungut biaya. Instalasinyapun cukup mudah bahkan ada juga versi yang tidak usah diinstall.
Klik kanan pun mengambil dari klik kanan Windows Explorer

Kekurangan software ini yang saya rasakan adalah cuman icon yang kurang halus mengakibatkan kurang nyamannya bekerja dengan 2xExplorer.

Kunjungi http://www.netez.com/2xExplorer untuk mendapatkan Software dengan kapasitas +/- 800 kb ini. Tergantung Versinya.