Kamus Stardict adalah sebuah kamus multi bahasa terbaik yang saya jumpai. Layaknya sebuah software kamus, disana ada tiga buah panel utama yaitu Search input combo, word list, dan definiton area. Search input adalah tempat kita memasukkan kata yang akan dicari, word list adalah lokasi dimana kata-kata terkait yang kita cari ditampilkan, sedangkan definiton area adalah tempat menampilkan terjemahan kata.


Tampilan Stardict

Kamus stardict merupakan kamus yang pertama kali dirancang di lingkungan Linux, namun kamus ini sudah tersedia di lingkungan Windows. Bahkan untuk lingkungan windows lebih dimajakan lagi karena sudah tersedia versi portable. Anda dapat mengunduhnya dengan mengunjungi http://portableapps.com/. Versi portable adalah versi yang tidak memerlukan proses instalasi. Anda tinggal mengekstrak pada hardisk ataupun flasdisk maka stardict dapat anda gunakan.

Apa sih kelebihan stardict dibanding kamus-kamus lainnya. Kelebihannya adalah tersedianya versi scan, sehingga stardict dapat menterjemahkan semua kata yang kita blok, entah itu di editor, di browser ataupun berbagai program yang terbuka. Bahkan menu-menu program dapat diterjemahkan oleh freeware ini.


Tampilan Stardict

Jika adan pengguna windows maka instalasinya seperti program-program windows lainnya. Tinggal double klik paket EXE kemudian di next samapi selesai.

Namun jika anda pengguna Linux di sana tersedia paket tarball ataupun paket rpm. Karena saya adalah pengguna Linux Mandriva maka saya unduh paket rpm-nya. Tetapi saya sarankan anda mengunduh paket rpm without gnome. Kemudian install dengan mengklik kanan|Open With|Penginstall Perangkat Lunak. atau anda bisa juga menginstall melalui console dengan login sebagi root kemudian ketik

rpm -ivh namaprogram.rpm

Jika installasi anda tidak ada gangguan maka program tersebut sudah terinstall di komputer anda. Sekarang anda tinggal mengetik di console stardict, maka program tersebut sudah dapat anda pergunakan.

Bagaimana untuk menyisipkan kamus bahasa indonesianya?

Downloadlah paket instalasi program untuk zencafe, di ftp://slackware.linux.or.id/pub/people/zarathustra/stardict/, karena didalam program tersebut telah di tambahkan database inggris indonesia dan indonesia inggris. Kemudian bukalah paket file yang tersedia dan extraklah semua file yang berada di usr/share/stardict/dic/ ke dalam folder /usr/share/stardict/dic/

File tersebut adalah :
- quick_english-indonesian.dict.dz
- quick_english-indonesian.idx
- quick_english-indonesian.ifo
- quick_indonesian-english.dict.dz
- quick_indonesian-english.idx
- quick_indonesian-english.ifo

Buatlah folder dic dalam /usr/share/stardict/, dan loginlah sebagi root untuk menambahkan database tersebut.

Namun bila anda menggunakan versi protable stardict di Windows, database kamus inggris indonesia dan indonesia ingrris tersebut dapat anda sisipkan di StardictPortable/Apps/StarDict/dic

Dengan menambahkan program StarDict maka komputer dengan sistem operasi Windows ataupun Linux anda telah dilengkapi kamus Enggris dan Indonesia yang powerfull.

Namun sampai saat ini saya belum bisa bagaimana cara menambahkan database enggris indonesia ataupun indonesia inggris. Adakah yang bisa membatu?

Stardict
Situs http://stardict.sourforge.com/
Ukuran +/- 1 Mb