Menurut pembuatnya Math Magic merupakan “The ultimate Equation Editor on the planet!” Ck.. ck.. ck apa tidak sangar banget. Tentu software ini di khususkan untuk fisikawan, matematikawan, kimiawan, maupun orang yang menyukai rumus – rumus dan persamaan. Baik itu persamaan untuk di cetak ataupun persamaan untuk di tampilkan di Website. Dengan MathMagic, semua orang dapat membuat berbagai ekspresi matematika hanya dalam beberapa detik, dan mudah di integrasikan dengan software pengolah kata yang lain. Dapat dengan mudah membuat technical report, laporan riset, dissertasi, dan slide yang menggunakan persamaan matematika yang complek serta simbol – simbol menggunakan bantuan MathMagic ini.

Apa saja sih fitur yang disediakan dari MathMagic?

  1. WYSIWG Editor, atau yang nggak ngerti adalah singkatan dari What You See Is What You Get, artinya editornya mudah banget, karena untuk menata kerataan, ketebalan, ukuran, spasi, dan berbagai preferensi nilai semuanya tersedia dan hanya tinggal melihat dan mengklak – klik saja.
  2. Interface yang mudah.
  3. Mendukung berbagai ekspresi matematika.
  4. Menggunakan kualitas font yang baik.
  5. Dapat di eksport dalam EPS ataupun TeX Format
  6. Clips pilihan dan toolbar user.
  7. Setting pilihan yang fleksibel untuk spasi, style dan ukuran, serta manajemen styleset.
  8. Mendukung penggunaan warna dengan style warna.
  9. Mendukung format file MathType dan Equation Editor yang tersimpan dalam jenis WMF ataupun EPS. Jika belum mengenal, Equation Editor adalah editor persamaan yang terinclude dalam MsWord, sedangkan MathType adalah editor persamaan yang lebih lengkap dibanding Equation Editor.
  10. Serta seambreg fasilitas yang tidak mungkin saya ulas disini.

Tampilan Dari Math Magic Personal Edition

Keuntungan lain dari MathMagic adalah support dengan berbagai pengolah kata, diantaranya yang telah saya coba adalah MsWord, WordPad bahkan editor sekelas Atlantispun bisa ditangani, caranya ketik persamaan pada jendela MathMagic kemudian copy-paste pada editor di atas. Pada MsWord dan WordPad terdapat kelebihan yaitu hasil paste bisa di edit lagi dengan mendouble-klik persamaan, sedangkan pada Atlantis berubah menjadi file gambar namun dengan kualitas yang cukup baik.

Yang paling saya sukai adalah kemampuan meng-ekspor persamaan dalam format gambar WMF (Windows Meta File). Karena dengan format gambar ini, dapat digunakan dalam publikasi under Web. Lebih – lebih format gambar ini bersifat transparan, sehingga walaupun background web anda warnanya macam – macam equation ini tetap terlihat seperti text biasa, karena warna backgroundnya akan mengikuti warna latar website. Dan lebih gilanya lagi, format gambar WMF ini bisa di edit layaknya mengedit teks jika ada kesalahan persamaan.

Namun MathMagic ini sifatnya hanyalah trial 30 kali penggunaan. Setelah itupun masih tetap dipersilahkan menggunakan versi trial-nya hanya saja saat launching pertama muncul pop-up untuk mendaftar, namun jika masih belum ingin mendaftar tekanlah tombol try-nya dengan fasilitas yang tidak ada bedanya dengan sebelumnya. Dan jika anda membayar maka popup tersebut akan hilang.

Nama Software : MathMagic
Produsen : n’PINE.Inc.
Web Url : http://www.mathmagic.com/
Ukuran : Lebih dari 8 Mb
Sifat : Trial dengan PopUp setelah penggunaan 30 kali.