Punya data berupa file kadang memang menyusahkan. Apalagi data yang macam-macam berupa word, pdf, openoffice, excel, padahal tujuannya supaya mudah dibaca dengan mudah. Setelah berfikir beberapa waktu akhirnya aku putuskan untuk merubah semua data ke dalam format swf atau format flash. Data berupa pdf, powerpoint, word, openoffice dan sebagainya harus di rubah dalam format swf, karena dengan format swf, kita hanya tinggal mengisntall flashplayer dan semua data bisa dibuka melalui browser.

1. Macromedia FlashPaper
Kebetulan aku lagi membangun jaringan intranet di sekolah jadi supaya penanganan dan penataan filenya lebih mudah. Ya nampaknya swf adalah jalan keluar yang baik untuk mengkonversi data yang cepat. Setelah cari sana cari sini ketemu dengan yang namanya Macromedia FlashPaper. MacromediaFlash Paper ini tidak hanya mampu merubah data ke format swf saja tetapi juga ke format pdf.

Caranya mudah sekali, install FlashPaper, jika anda menggunakan versi trialnya, maka program yang anda gunakan hanya bertahan 30 hari. Setelah selesai instalasi, fasilitas ini akan berada di menuklikkanan. Misalkan anda akan merubah sebuah file dengan nama Fisika.pdf menjadi format swf flash, pilihlah klik kanan file PDF tersebut dan pilih Convert To Macromedia Flash, selanjutnya anda tinggal menyimpan data baru dalam format swf format.

FlashPaper juga menyediakan menu dalam Microsoft Word. Yaitu otomatis muncul pada Menubar ketika dalam komputer terinstall Microsoft Word 2003. Sehingga anda dengan mudah memyimpan data word anda ke dalam format swf ataupun pdf.

Namun perlu dicatat jika anda hendak mengconvert data dari PDF menjadi format flash, dikomputer harus sudah terinstall Adobe Acrobat Reader, karena kalau yang terinstall hanya Foxit Reader Free, datanya tidak dapat di convert.

Begitupun jika anda mencoba menconvert data PowerPoint, maka data yang ada hasilkan adalah handout dari Power Point, bukan file presentasi yang mirip dengan PowerPoint.

2. Flash Spring
Flash Spring merupakan software yang dipergunakan untuk merubah data dalam format PowerPoint menjadi format Flash. Bedanya Flash Spring mampu menghasilkan Flash yang mirip Presentasi PowerPoint, jadi bukan hanya handoutnya, tetapi bisa menghasilkan file presentasi dalam format swf flash.

Sekedar catatan kedua software tersebut bukan freeware, barangkali ada yang sharing tentang converter ke swf Flash yang freeware :) ?