Saat ini telah banyak program – program kompresi. Tercatat ada WINZIP, WINACE, WINRAR, 7zip, dan lain sebagainya, Bahkan untuk urusan kompresi, Windows XP telah mendukung penuh hal ini. Walaupun WINZIP dianggap sebagai kompresi paling tua yang pernah berjaya di dunia Windows, namun sampai sekarang masih menjadi favorit banyak kalangan, walaupun format ACE ataupun RAR dianggap akan mampu menumbangkan WINZIP tetapi kenyataannya masih banyak masyarakat yang lebih menyukai WINZIP.


Tampilan IZArc dalam Windows 2000 SP 3

Saya sendiri lebih menyukai format ZIP dari pada format yang lain, karena format ini paling tak rewel diantara format lain. Memang kalau untuk urusan format yang lebih kecil kayaknya RAR adalah juaranya, tetapi sering kali saya mengalami kendala saat akan membuka format tersebut. Pernah juga balik ke kampus gara – gara saya kepincut format RAR yang mampu mengecilkan format *.doc dari 4 Mb menjadi 350 kb-an, padahal jika menggunakan format ZIP hampir 1 Mb. Namun ternyata WINRAR di rumah tidak dapat digunakan untuk membuka RAR yang dari kampus tersebut. Terpaksa balik kucing, barangkali WINRAR saya versinya dibawahnya karena kalau saya buka pada komputer kampus yang sama file berformat RAR tersebut dapat di buka. Agar saya tidak mengulangi kesalahan untuk kedua kalinya maka sampai sekarang saya tak pernah beralih dari format ZIP. Walaupun ukurannya lebih gedhe sedikit yang penting aman, bisa di unzip lagi di komputer rumah dan support dengan banyak Operating System.

Tampaknya IZArc adalah salah satu produk yang berbaik hati menawarkan program freewarenya. Kata IZ sendiri kelihatannya diambil dari singkatan nama pembuatnya Ivan Zahariev. Di bundel dalam paket *.exe berukuran 3,121 Mb lumayan besar dibanding WINRAR 3 yang tidak sampai 1 Mb ataupun WINZIP 9 yang hanya 2,3 Mb. Namun demikian software ini mampu mebuka paket kompresi dalam format : 7-ZIP, A, ACE, ARC, ARJ, B64, BH, BZ2, BZA, CAB, CPIO, DEB, ENC, GCA, GZ, GZA, HA, JAR, LHA, LIB, LZH, MBF, MIM, PAK, PK3, RAR, RPM, TAR, TAZ, TBZ, TGZ, TZ, UUE, WAR, XXE, YZ1, Z, ZIP, ZOO. Walaupun mampu membuka paket kompresi yang banyak IZArc hanya mampu membuat kompresi untuk format 7ZIB, BH, BZA, TAR.BZ2, CAB, JAR, LHA, TAR, TAR.GZ dan ZIP.

Software ini mendukung enskripsi (256 bit encryption) atau password file kompresi, mampu membuat file Self-Extracting (*.exe), mendukung berbagai bahasa, dan beruntung sekali telah ada orang Indonesia yang menterjemahkannya. Penambahan/pengurangan file baru ke dalam file lama format yang didukung pembuatannya juga dapat dikerjakan. Tampilannya dapat dibuat mirip WINZIP yang menampilkan seluruh file dalam satu muka ataupun di buat berdasarkan WINRAR dan WINACE yang menampilkan isi layaknya folder, tak ketinggalan pula ada tree viewnya juga. Mendukung pula split multipel volume untuk disket ataupun CD-ROOM, Drag and Drop pada Windows Eksplorer dan masih banyak lagi fasilitas – fasilitas lainnya yang bisa anda temukan dalam pengompres gratis ini. Sebelum mendownload pastikan operating sistem anda adalah Windows 95, Windows 98, Windows Me, Windows NT 4.0, Windows 2000 atau Windows XP, karena perangkat lunak ini tidak support pada Windows 3.x, Windows NT 3.1 atau Windows NT 3.5.

Kunjungi http://www.izsoft.dir.bg/ untuk mendapatkan softwarenya, atau bisa juga dari mirror – mirror-nya seperti
http://www.florida.plus.com/izarc/, http://www.splenetic-spoons.com/izarc/,
http://www.keltoi-web.com/izarc, http://izsoft.com.sapo.pt/,
http://www.izarcbrasil.hpg.com.br/, ataupun http://izarc.sitemynet.com/