File html biasanya mengikut sertakan beberapa file yang banyak. Di dalamnya terdapat link pada gambar, suara, serta link pada file html yang lain. Satu – satu jalan yang biasa saya pergunakan untuk mendistribusikan file ini adalah dengan pengompresan dalam satu file sehingga bisa di distribusikan.

Adalah Jan Verhoeven dengan Delphi5 membuat SbookBuilder, yaitu suatu aplikasi untuk membuat HTML beserta link terkait dan directory di dalamnya menjadi sebuah file exectuable (EXE) hanya dalam delapan langkah.

Download dahulu aplikasinya freeware yang berkuruan 800 kb ini di http://jansfreeware.com dan ekstraklah di sembarang directory (Misalnya di C:/My Documents/). Aplikasi ini tidak membutuhkan instalasi rumit, karena anda tinggal mendouble klik file bernama SbookBuilder10.exe sampai muncul window-nya.

Image hosted by Photobucket.com
Tampilah Sbook Builder

Software in dilengkapi dengan file help dan interface yang mudah, dilengkapi dengan full search dan pencetakan (print) halaman E-book. Mendukung css dan frame serta mampu mengincludekan beberapa html dan text document (htm, html, dan txt). Mendukung file gambar dalam format bmp, gif, dan png serta gif animator. Sedangkan file suara yang di ijinkan adalah wav, mid dan mp3.

Namun kelemahan dari software ini adalah tidak terdapatnya proses loading saat E-book di convert ke dalam bentuk EXE, fasilitas search-nya masih kurang bagus, serta untuk file html yang kompleks biasanya jarang berhasil

WORKSHOP

Untuk membuat sebuah file Ebok dengan SbookBuilder ini, anda harus memiliki file-file html beserta link terkait-nya. Dalam paket kompresi yang anda downlaod sebelumnya telah diikutsertakan sebuah demo web.

Mari kita mulai bersama – sama untuk membuatnya dalam delapan langkah tersebut.

1. Klik Select Folder

Pilih folder yang akan anda buatE-booknya, karena semua halaman html, semua gambar, folder dan sub-folder akan di masukkan ke dalam E-book.

Whorkshop :
Klik pada kotak Drive pilih : C
Klik pada kotak Directories pilih : C:/My Documents/SbookBuilder/demo-book/

2. Klik Select HomePage

Pilihlah file html yang akan digunakan sebagai halaman pembuka E-book anda. Pastikan bahwa file html yang anda pilih berada pada directory/folder yang telah kita pilih pada tahap 1.

Whorkshop :
Pilih file index.html yang berada pada lokasi C:/My Documents/SbookBuilder/demo-book/index.html.

3. Klik Enter Title

Masukkan Judul E-book Anda. Judul yang anda masukkan akan ditampilkan pada Title Bar E-book anda.

Whorkshop :
Masukkan “Coba – Coba Saja“

4. Klik Enter Password

Pilihan optional, artinya anda bisa memasukkan sebarang password ke dalam E-book anda, nantinya saat anda menjalankan E-book, anda akan diminta untuk memasukkan paswordnya, sehingga orang yang tidak berkepentingan atau tidak mengetahui password-nya tidak dapat mengakses E-book tersebut. Jika anda tidak menyukai pem-password-an maka password tidak usah diisi dan tahap ini bisa anda lewati.

Whorkshop :
Masukkan password-nya yaitu “cobapassword“

5. Klik Select Icon

Pilihan optional, anda bisa melewati tahap ini jika tidak memiliki icon (file beekstensi ICO), sehingga icon anda akan sama dengan icon-nya SbookBuilder yang kita gunakan, atau jika anda memiliki file icon maka pilihlah icon tersebut.

Whorkshop :
Lewati saja tahap ini

6. Klik Allow Printing

Klik (centang) kotak di sebelah Allow Printing jika anda menginginkan pengguna E-boook dapat mencetaknya.

Whorkshop :
Cetang kotak tersebut

7. Klik Show Toolbar

Klik (centang) kotak di sebelah Show Toolbar jika anda menginginkan terdapat Toolbar dalam E-book anda.

Whorkshop :
Cetang kotak tersebut

8. Klik Create E-book

Membuat E-book anda dan masukkan namafile-nya.

Whorkshop :
Namai file E-book anda “coba“

Sekarang anda tinggal men-double klik coba.exe untuk menjalankan E-book anda. Jangan lupa password anda adalah cobapassword. Selamat berE-book ria :D .