Apakah anda pernah maem onde – onde? Makanan yang terbuat dari singkong berbentuk bulatan yang berisi gula merah itu terasa nikmat jika di makan di pegunungan yang dingin. Lebih – lebih saat hujan turun dengan deras dan onde – ondepun baru diangkat dari penggorengan. Wah… Dunking Donatpun tak ada artinya. Mudah bukan untuk makan onde – onde, tinggal pegang, gigit, kunyah, telan, dan perutpun kenyang, sehingga tidurpun menjadi nyenyak. Nah kelihatannya dengan konsep pegang, gigit, kunyah, telan itulah Namu6 sengaja di buat. Pokoknya mudah banget bikin website. Lebih – lebih jika anda adalah seorang pemula yang malah mumet lihat FrontPage ataupun malah puyeng lihat Dreamweaver tidak ada salahnya mencoba Namu6.

Freeware ini berukuran lumayan besar 8 Mb, dan bagi yang hanya mengandalkan warnet saya nggak tau bagaimana usaha anda mendapatkan softare ini :D barangkali harus dipecah – pecah dalam 6 disket kalau tak ada media penyimpanan cdburning, flashdisk ataupun hardisk. Download softwarenya dari home page resminya di http://namu6.com lantas installah.

Sesaat setelah anda jalankan hasil installasi dari Start Menu Program, anda akan dihadapkan pada kotak wizard Namu6. Klik saja [New Website], lanjutkan dengan [Next], isikan nama websitenya misalkan “@GUSW’s Pages”, klik [Next]. Pilih option Personal lantas klik [Next] lagi. Masukkan menu – menu yang akan anda isikan lantas klik [Next], pilihlah directory tempat anda menyimpan website ini, klik [Next] tekan Finish. Anda sudah dihadapkan pada sebuah Website yang tinggal anda ubah tulisanya. Mudah, seperti mengisi blangko UMPTN, dan secara otomatis tersimpan dalam ekstention *.nm6.


Tampilan Namu 6, Editor Sekaligus Preview Web

Dengan menekan tombol “Alt” dalam komputer, maka menu – menu akan di dimunculkan, dan anda bisa dengan leluasa mengubah theme, nama web ataupun stylenya, karena Web desain ini berbasiskan Style. Namun demikian theme – theme yang disertakan dalam software ini cukup oke kalau hanya untuk personal sites saja.

Namu6 sendiri merupakan browser dan editor untuk ekstention *.nm6, namun anda tidak perlu kawatir karena dari menu Options, *.nm6 dapat di ekspor dalam bentuk file html yang akan terbaca oleh browser.

Menurut hemat saya software ini memiliki beberapa kelebihan, yatiu mudah dioperasikan, prosesnya terasa ringan saat loading maupun saat pengoperasian, sangat cocok bagi pemula, disediakan templates yang bagus – bagus, Gratis.

Namun ada juga kekurangannya, file *.nm6 sizenya cenderung menggelembung, walaupun nantinya jika di ekspor ke html menjadi kecil. Pengalaman saya membuat contoh menghasilkan *.nm6 berukuran 1,3 Mb, tetapi setelah di ekspor ke *.html menjadi berukuran 76 kb saja. Menu – menunya masih terbatas, dan untuk mempercantiknya di perlukan sedikit pengetahuan tentang css/style.