Sudah lama memang saya mencari – cari aplikasi yang bisa menampilkan XP style pada Windows 98 saya, dengan taskbar dan Titlebar yang “mblenduk – bmlenduk” (bahasa jawa :red, di baca “cembung“), atau Gnome dengan kaki berjari empatnya dan atau KDE dengan tanda K pada tombol startnya. Namun googling lama sekali dengan berbagai kata kunci (keyword) tidak kunjung ketemu. Pernah saya coba nextstep untuk Linux Style, namun hasilnya tidak seperti yang saya harapkan. Pernah juga mencoba dengan chroma sebuah aplikasi dari thematic.com, tetapi hasilnya kurang begitu saya sukai.

Syukurlah setelah satu tahun lebih ubek – ubek google, akhirnya ketemu juga. http://stardock.com ternyata telah mengembangkan aplikasi seperti yang saya harapkan tesebut. Sayangnya aplikasi – aplikasinya dibundel terpisah.

Untuk merubah taskbar-nya anda harus mengdownload Object Bar, untuk title bar dan style-nya, WindowsBlind adalah aplikasinya, sedangkan untuk merubah simbol iconnya, IconPackager disediakan sebagai pengganti icon default windows.

Tampilan ObjectBAr style Gnome dan WindowsBlind style Redhat

Cuman sayangnya aplikasi ini bersifat shareware dan dijual secara terpisah, namun diberi harga lebih murah jika anda membeli beberapa aplikasi sekaligus.

Dalam versi sharewarenya ini akan muncul popup saat anda menjalankan aplikasi ini. Pop-up akan hilang jika anda mendownload versi enhanced yang lokasinya akan ditunjukkan jika anda telah membayar sejumlah harga yang ditetapkan.