Kadang suatu saat kita di tuntut untuk mengetik dengan Huruf – huruf arab, entah itu petikan hadits ataupun Ayat dari Al Quran. Sebenarnya pada windows versi 2000 dan XP tersedia fasilitas tersebut. Dengan sedikit konfigurasi maka windows versi tersebut sudah dapat dipergunakan untuk mengetik tulisan arab.

  1. Installasi Setting Bahasa
    Klik Start=>Settings=>Control Panel=>Regional Options sehingga muncul jendela Regional Options
    Pada Tab General perhatikan bagian Language settings for the Sistem Tandai
    Arabic.

  2. Installasi Keyboard Layout
    Masih pada jendela Regional Options pilih Tab Input Locales Pilihlah
    sehingga muncul Jendela Add Input Locale Pada Select Box Input Locale: pilihlah Arabic(Saudi Arabia); Sedangkan pada Select Box Keyboard layout/IME: Pilihlah defaultnya (biasanya Arabic (102))Klik OK
    Jangan lupa tandai juga
    Enable indicator on taskbar. yang berada di kiri bawah menu ini. Tekan OK dan Restatlah komputernya.

  3. Ceking Istallasi.
    Bukalah notepad, kemudian pilih klik kanan. Jika di bagian bawah klik kanan antum telah terdapat tulisan Right to Left Reading Order, berarti setting bahasa antum telah beres.

    Untuk mengetahui berhasil tidaknya instalasi keyboard Layout, Klik Indicator Keyboard pada tryicon. Defaultnya adalah [EN]English (United States), untuk merubah ke arabic klik [EN] dan pilihlah [AR]Arabic (Saudi Arabia)


    Tampilan On-Screen Keyboard dan Fungsi Shift-nya

    Untuk mempermudah penghafalan letak keyboard pilihlah Start=>Program=>Accessories=>Accessibility=>On-Screen Keyboard. Dan pergunakan On Screen Keyboard antum utuk mengetik huruf Arab jika masih kesulitan menggunakan keyboard English antum. Atau beli saja keyboard Arabic untuk lebih mepermudah. Gunakan notepad dengan Right To Left Order ataupun MsWord dengan Right To Left Order untuk menulisnya.

Nah mudah bukan? Arabic yang di hasilkan adalah unicode support sehingga bisa di baca di browser dan berbagai pengolah kata.