FontBoard Arabic Keyboard merupakan sebuah aplikasi right-to-left arabic, yaitu dapat digunakan untuk menulis font arab dari kanan ke kiri. Program ini tidak hanya terbatas pada Windows 9x, tetapi juga pada Windows NT, 2000, serta XP. Walaupun file tempat menyimpan peta keyboard antar windows itu berbeda, contohnya untuk Windows 98 menggunakan file dengan ekstensi .KBD sedangkan windows XP menggunakan ekstensi .DLL, tetapi Fontboard telah diprogram dengan kemampuan membedakan antara Operating Sistem Win98 ataupun WinXP. Alhasil instalasi antara Win98 maupun di WinXP berbeda. Program Help antara instalasi di Win98 dan XP-pun juga beda.

  1. Pre Instalasi :
    1. Downloadlah FontBoard dari situs resminya di http://www.geocities.com/fontboard/ ataupun dari mirorrnya di http://zsigri.tripod.com/fontboard/. File .EXE ter kompresi .ZIP tersebut hanya berukuran 295 Kb.
    2. Downloadlah font Traditional Arabic kemudian installah.
      Traditional Arabic merupakan font yang mendukung Arabic Unicode dengan tampilan yang mudah di baca. Proses instalasinya adalah dengan masuk ke Start|Setting|Control Panel, sehingga muncul jendela Control Panel. Double klik Fonts dan akan muncul Font Eksplorer Klik Menu File|Install New Fonts, carilah file font Traditional Arabic di tempat anda mengekstrak sebelumnya, pilih select All, dan klik OK. Tunggu beberapa saat sampai instalasi selesai.

  2. Instalasi Pada Windows 98

    1. Install file .EXE terkompress zip tersebut dengan mendouble-kliknya, kemudian ikuti step-step yang ada sampai selesai. Jika ada permintaan untuk merestart Windows, restartlah.
    2. Tidak seperti program pada umumnya yang langsung bisa dijalankan dari shortcut di Start|Program. Shortcut pada Start|Program|Fontboard, hanya berisi shortcut ke arah program helpnya saja, karena memang proses instalasi kita belum selesai.
    3. Sekarang ubah language keyboard anda dengan mengklik Start|Setting|Control Panel, sehingga muncul jendela Control Panel. Double klik Keyboard sehingga muncul Keyboard Properties (A), pilih tab Language (1).

    Gambar 1. Konfigurasi Keyboard pada Windows 98

    1. Langkah selanjutnya Pilih Add.. (2), sehingga muncul Kotak Dialog Add Language (B).
    2. Pilihlah Arabic pada kotak kombo Language. Kemudian Klik OK
    3. Pilihlah Properties (3) sehingga muncul kotak Language Properties (C).
    4. Pada kombo Keyboard Layout Properties, pilihlah Arabic ASDF, kemudian klik OK, akhirnya di kotak Language pada Keyboard Properties(A) akan berubah menjadi Keyboard ASDF (4)
    5. Jangan lupa pilih Left Alt+Shift (5) dan Enable indicator on taskbar (6).
    6. Klik OK.
    7. Sekarang pada try icon (D) akan muncul indikator keyboard. Klik kiri indikator keyboard tersebut untuk menampilkan pilihan keyboard yang terinstall di dalam PC, kemudian pilihlah [Ar] Arabic. Swith antar peta keyboard ini bisa juga di lakukan dengan menekan tombol Alt sebelah kiri dan tombol Shift secara bersamaan.
    8. Selamat, Windows98 anda sudah bisa digunakan untuk menulis Arab.

  3. Cara Penggunaan

    1. Bukalah text editor yang mendukung penulisan arab, diantaranya OpenOfficeWriter, Abiword, QJot, ataupun MsWord. Untuk Ms Word cobalah gunakan langsung, jika masih tidak bisa masukklah ke Start|Program|Microsoft Office Tools|Microsoft XP Language Settings, sehingga muncul jendela Language Setting. Tambahkan Arabic pada Available Language.
    2. Ubahlah Indikator Keyboard dari Try icon anda menjadi [Ar]Arabic ataupun dengan menekan tombol Alt Kiri+Shift.
    3. Tulislah huruf arab yang diinginkan. Jangan lupa gunakan jenis perataan rata kiri. Sekedar untuk diketahui bahwa Office XP telah mendukung rata semua (justify) untuk orientasi text rata kiri.
    4. Peta Keybordnya adalah seperti gambar dibawah ini. Bacalah help-nya untuk mengetahui letak harohat-harohatnya.


      Gambar 2. Peta Keyboard FontBoard Arabic Keyboard

  4. Merubah Peta Keyboard

    Jika melihat peta keyboard default Fontboard, maka saya sendiri kesulitan, karena peta keyboard arabic yang biasa saya pergunakan berbeda. Disamping itu untuk memberi tanda kasroh, fathah, domah harus menggunakan kombinasi tombol Alt Kanan yang jarang saya pergunakan.

    Untuk merubah peta keyboard maka anda harus menggunakan sebuah utility semacam Janko’s Keyboard Generator. Aplikasi ini hanya bisa di pergunakan untuk Windows 9x, sifatnya adalah shareware dan free untuk digunakan sendiri/non komersial. Jika anda barangkali menginginkan peta keyboard yang saya pergunakan silahkan ikuti langkah – langkah instalasinya.

    1. Download file arabic_agusw.zip yang berukuran 1 kb ini.
    2. Ekstrak dan letakkan arabicagusw.kbd pada C:WindowsSystem
    3. Double klik arabic_agusw_reg.reg untuk meregistri keyboard. Jika ada kotak dialog klik saja Yes.
    4. Masuklah ke Start|Program|Control Panel, sehingga muncul jendela Kontrol Panel.
    5. Double klik Keyboard|Tab Language.
    6. Pilih (sellect) Arabic ASDF pada kotak Layout, kemudian klik Properties.
    7. Pada kombo Layout Keyboard pilihlah Arabic AgusW. kemudian klik OK.
    8. Jika sources Windows 98 anda berbeda dengan saat instalasi Windows 98, maka anda akan diminta memasukkan CD/menunjukkan path sources Windows 98
    9. Browse letak sources Windwos 98 kemudian klik OK.
    10. Maka peta keyboard anda sekarang akan berubah seperti ini


      Gambar 3. Peta Keyboard Yang Biasa Saya Pergunakan

    Peta keyboard inilah yang saya pergunakan untuk menulis hadits – hadits yang anda temui di web saya ataupun di e-book yang biasa saya ketik.

    Kelemahan FontBoard Arabic untuk Windows98 adalah tidak mampu memetakan angka dalam font arab. Sebenarnya bukanlah seratus persen kelemahan FontBoard karena memang FontBoard ini hanya menggunakan aplikasii dari Janko’s Keyboard Generator.

  5. Instalasi pada Windows NT, XP ataupun 2000

    Untuk Windows NT, XP, ataupun 2000 saya belum mencobanya secara serius, karena hanya menginstall di PC teman sebatas menginstall FontBoard saja, dan belum sempat mencoba sampai ke instalasi keyboardnya. Jadi silahkan di konfigurasi sendiri. Bacalah Program helpnya karena sudah sangat jelas.

    Jangan kawatir Notepad ataupun Wordpad untuk Windows NT, XP dan 2000 support untuk digunakan sebagai editor arabic.

    FontBoard Arabic Keyboard untuk Windows NT, XP ataupun 2000 memiliki 2 Peta Keyboard. Pertama Arabic ASDF Western yang bentuknya seperti peta keyboard pada Windows98 (Gambar 2) sedang yang kedua Arabic ASDF Eastern yang telah mendukung pemetaan angka dalam font arab.

    Gambar 4. Peta Keyboard Fontboard Arabic ASDF Eastern pada Win NT, 2000 dan XP

    Untuk merubah peta keyboard pada Windows NT, XP dan 2000 pergunakanlah Keyboard Layout Manager.

Semoga bermanfaat dan bisa digunakan untuk menulis ayat-ayat Allah atau hadits-hadits Nabi guna sarana dakwah.