Mendeteksi Kerusakan Keyboard Laptop

Kerusakan keyboard pada laptop fujitsu S series

Disini penulis hanya berbagi sedikit pengalaman yang saya temukan dalam hoby utak atik laptop, mungkin juga bisa membantu teman-teman yang punya hoby sama seperti saya.

Kebetulan teman saya punya laptop fujitsu S series centrino 1,6 ghz, ram 512 mb, hdd 40 gb, dvd writer yang bermasalah dengan keyboard.
Secara umum mungkin kita berpikir pasti keyboard yang bermasalah tanpa pikir panjang, teman saya pun mengorder keyboard fujitsu tersebut dengan harga kira2 harga $ 100 singapore dollar.
setelah dipasang ternyata masalah masih tetap sama, beberapa huruf ditekan akan ada bersamaan huruf lain muncul seperti keyboard lengket. contoh tekan a jadi awsd . maaf gambar tidak bisa diperlihat laptop udah kelar dan dibawa teman.

setelah melihat kondisi diatas penulis mencoba untuk memberanikan diri membuka laptop tersebut.berbekal multi tester dan ilmu pas-pasan penulis melakukan langkah sebagai berikut:

1. memeriksa jalur yg pcb
apakah ada yang rusak atau putus jika ada solder ulang dan sambung yang putus.

2. memeriksa connector keyboard
lihat kondisi solderan kaki-kaki soket jika renggang solder ulang , bersihkan dari kotor cairan bekas solderan dengan tinner atau cairan IPA

3. capasitor
beberapa merek laptop ada yang mengunakan capacitor dan resistor paralel sebagai filter, jika ada solder ulang. hati-hati jangan sampai solderan ada yg menyatu antara satu sama lain. gunakan kaca pembesar untuk melihat hasil solderan.

penulis telah melakukan 3 persedure diatas namun alhasil tetap sama. langkah selanjutnya penulis mencoba mentracking jalur dari soket hingga kekomponen aktif, disinilah penulis menemukan jawabanya ternyata kerusakan tersebut terletak pada IC control input data ( IC MB90F372 untuk Fujitsu S series). kebetulan punya canibalan icnya langsung aja penulis mengganti ic tersebut dan hasil cukup memuaskan berhasil sempurna. alhamdullilah sudah 2 bulan tidak terjadi masalah atau kambuh lagi penyakit keyboardnya.

Untuk lebih jelas lihat gambar berikut ini :















Ganti IC tersebut dengan yang baru atau canibalan yang masih ok.

catatan kecil :
sebelum memastikan kerusakan dan membeli keyboard di test dulu dengan key board lain untuk lebih memastikan apakah rusak keyboardnya atau kerusakan pada mainboardnya. ( jika punya teman teknisi laptop ato punya laptop teman yang semerek )

beberapa tanda kerusakan pada keyboard :
- ada salah satu angka atau huruf yang tidak berfungsi/ sebaris juga bisa
- sounding pada saat booting OS ( keyboard Lengket )
- tidak detek sama sekali fuse keyboard putus ( dimainboard )
- etc

dengan kata laen bersihkan keyboard laptop anda secara berkala agar debu yang menempel hilang untuk mencegah kerusakan pada keyboard laptop.

0 komentar: